Startup sangat erat kaitannya dengan teknologi dan anak muda, hal tersebut tidak dapat di pungkiri karena memang kita sedang hidup di era teknologi, namun menurut Wikipedia startup adalah Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Kebanyakan orang menilai bahwa startup umumnya berkaitan dengan teknologi, internet, atau website. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, akan tetapi tentu saja ada karakter lain yang menjadi “identitas” startup seperti yang dikutip oleh Tech in Asia sebagai berikut:

  • Masih dalam tahap pengembangan
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi dan melalui website .com
  • Usia perusahaan antara 1 – 2 tahun
  • Jumlah pegawai tidak sampai dua puluh orang
  • Pendapatan kurang dari $100,000 per tahun
  • Menghasilkan produk dalam bentuk digital

Beruntung kita berada di negara Indonesia, mengapa? karena Indonesia termasuk Negara dengan perkembangan startup yang paling pesat di Asia. Startup Ranking menyebutkan bahwa Indonesia menempati posisi keempat untuk daftar lima besar negara di dunia dengan jumlah startup terbanyak, yakni mencapai 1.705 startup.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara yang lainnya seperti Malaysia (144), Singapura (508), dan Thailand (81). Bahkan hingga detik ini Indonesia telah memiliki empat startup dengan label unicorn, yakni Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, dan Go-Jek.

Apa itu startup unicorn? Startup unicorn adalah startup yang valuasinya mencapai 1 milliar dollar. Bagaimana hitung-hitungannya? rata-rata sebuah perusahaan startup mengacu pada total nilai perusahaan di tambah modal investor yang masuk, misalkan nilai modal awal / nilai perusahaan saat ini mencapai 500 juta dollar dan kemudian di tengah perjalanan mendapatkan suntikan dana investor 500 juta dollar juga maka perusahaan tersebut akan mengukuhkan dirinya sebagai startup unicorn.

Itulah penjabaran secara umum mengenai startup, semoga bermanfaat.